Rabu, 24 Oktober 2012

FRUIT ART !!

hey hey hey sekarang ni kita bahas apa lagii ya ? hmm oh iya kita bahas ini deh ada yang tau buah yang dibikin seni ukir gak? pasti sebagian dari mereka pasti ada yang udah denger tuh :) ini seni buah yang dibentuk beraneka ragam yang biasanya disebut FRUIT ART lo ? mau tau hasilnya n asal usulnya ? yuk cekidot ^^ (check it down) 

Inilah Fruit Carving, sebuah seni dalam menghidangkan makanan dengan keindahan, biasanya media yang digunakan adalah buah-buahanan yang berbentuk bulat serta memiliki tekstur yang lunak. Dalam seni Fruit Carving, seseorang akan memahat dan mengukir sebuah buah menggunakan alat-alat yang cukup sederhana yaitu, cutter, pisau bergerigi dan tusuk gigi jika diperlukan. Berikut beberapa hasil seni Fruit Carving yang mempesona


asal usulnya ? Sejarah mengatakan http://en.wikipedia.org/wiki/Vegetable_carving  bahwa asal usulnya dari 700 tahun yang lalu dari Sukotai (Thailand), sementara yang lain meyakini dari masa Dinasti Tang (618-906 M) dan dinasti Sung ( AD 960 - 1279) di CHINA, bahkan sebagian orang pun merasa Jepang termasuk akar budaya ukir ini yang  terkenal dengan "The ancient art of MUKIMONO". 


Tidak heran, masing-masing daerah mempunyai ciri khas ! sebutlah Thailand dengan ukiran yang sangat meng "copy" tumbuhan asli dan hewan asli, dan memang sungguh mirip ! lalu China yang mengukirnya sesuai dengan falsafah atau acara-acara tradisi yang berkaitan erat dengan budaya dan agama, contoh ukiran Naga, Bunga Teratai, Ikan ...dan banyak lagi, Kalau melihat Jepang ukiran nya lebih minimalis, sesuai perkembangannya hingga saat ini..mereka banyak mengembangkan cara mengukir dgn pola, sehingga pada hasil akhirnya sedikit kulit yang terbuang dan tersusun rapi bertingkat2  (3D) tanpa terlepas dari tiap bagiannya. 










Pada gambar-gambar diatas, ukiran yang dibentuk menganut cara Thailand yang sungguh dibutuhkan latihan yang terus menerus...dan kekenyangan makan Semangka dan lain2 lo ( ahaaaiii....enak dong aah !) seperti yang saya lakukan ketika "sangat ingin" atau sekedar menghilangkan sedikit kepusingan ( tgl 10/11 ini cabe mahalnya ampuuun. pusiiing kan ) jadi inilah cara yang saya lakukan...membuat sesuatu yang mengasah ketrampilan kita...oooh jangan tertawa ya, melihat hasilnya.... :D

Kalau mau bicara tentang carving buah ...sungguh tidak ada selesainya.. nah sekarang kita liat "Tools" nya..
ada yang biasa, ada juga yang khusus "Pro"....bwaaah...ngilerrrr



Naaahh siapa yang ga mau liat pisau2 yang unik bentuk nya ini...
oh ya berikut ini akan saya tunjukkan beberapa gambar carving yang lebih Fussion, bergaya barat  ...


atau untuk ide di rumah ketika ada party















Juga bisa di bentuk seperti Lantern....: http://pameltoe.blogspot.com/





Jadi seperti inilah, bahwa seni ukir buah sangat beragam ...tepatnya,  ketika seni ukir sangat menyerupai aslinya dan sangat indah, sudah pasti akan banyak orang ingin mempelajari dan mencobanya, seperti seni ukir dari Asia yang sangat terkenal di seluruh dunia,  banyak orang2 membuat kelas seni ukir di negara-negara luar Asia termasuk negara barat sanaa....Nah..sedikit wacana melengkapi event ini, sedikit tapi dapat membuka mata kita, dunia kuliner yang kita nikmati ini, sungguh bercabang2 ke segala arah..... yuuuuu kita berlatih !!

sumber halaman 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top